UNIVERSITAS DUMAI

 

Kampus STMIK-AMIK Kini Menjadi Universitas Dumai


Peresmian kampus tersebut, ditandai dengan penandatanganan prasasti tanda peresmian Universitas Dumai, pemotongan pita, dan pelepasan balon yang dilakukan Sekdako Dumai bersama unsur Forkopimda Kota Dumai, Ketua Yayasan Pendidikan Makmur Ridar Dumai (YPMRD), H. Edi Susanto, Pembina Universitas Dumai Prof Ir H Zainal A Hasibuan MLS, P.h.D, Ketua APTISI Wilayah X B Riau Prof DR H Syafrinaldi, SH, serta Kepala LLDIKTI X Afdalisma SH, M.Pd.

Universitas Dumai merupakan penggabungan Kampus AMIK dan STMIK Dumai, berdasar Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Dikti) Republik Indonesia, No: 484/E/O/2023, tanggal 6 Juni 2023.

Dalam sambutannya, Sekda Kota Dumai, Indra Gunawan menyampaikan apresiasi serta menyambut baik dengan dibukanya universitas pertama yang ada di Kota Dumai, yakni Universitas Dumai.

Ia menjelaskan dengan berdirinya universitas perdana ini, maka akan menjadi kebanggaan dan kekayaan bagi masyarakat Dumai karena dapat memajukan Dumai dari segi pendidikan dan juga membantu pertumbuhan ekonomi daerah.

"Dengan berdirinya Universitas Dumai, tentu ini menjadi magnet baru untuk orang berkunjung dan melirik Kota Dumai. Kami berharap, efek berganda akan selalu menyertai, baik dari segi ekonomi, meningkatnya perhatian dari pemerintah pusat, SDM generasi Idaman akan semakin berkualitas, dan lain sebagainya," tuturnya.

Sementara itu, Pembina Universitas Dumai, Prof. Ir. H. Zainal A. Hasibuan mengatakan bahwa berdirinya perguruan tinggi merupakan suatu upaya untuk mencerdaskan masyarakat Dumai khususnya dan Riau pada umumnya, bagi anak-anak tamatan SMA/K sederajat.

“Universitas Dumai miliki tiga Fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi, dengan Program Studi (Prodi) Manajemen (S1), Fakultas Hukum dgn Prodi Hukum (S1) dan Fakultas Ilmu Komputer dengan empat prodi, yaitu; Sistem Informasi (S1), Teknik Informatika (S1), Rekayasa Perangkat Lunak (S1) dan Manajemen Informatika (D3),” ujarnya.

Tambahnya, Universitas Dumai siap dirancang sebagai kampus yang akan memberikan kontribusi pada pembangunan Kota Dumai, serta membekali anak muda dengan ilmu bermanfaat yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan di masyarakat serta dunia kerja.

“Untuk itu, kami siap jadi kampus modern dan futuristik, sebagai salah satu pilihan masyarakat untuk mendalami ilmu Strata dan Diploma di kota Dumai,” ujar Zainal.

Ia menjelaskan Universitas Dumai merupakan aset masyarakat Dumai, karena dapat membantu pertumbuhan ekonomi dan sumber daya manusia.

Di sisi lain, Ketua YPMRD  Edi Susanto berharap, Universitas Dumai dapat menjadi Insitusi Pendidikan Tinggi yang berkembang dengan adanya kelanjutan program-program unggulan yang spesifik dan bergengsi.

“Dalam perkembangannya kami berharap, Universitas Dumai akan berkembang tanpa menutup diri dari perguruan tinggi lainnya, justru berkolaborasi dan menjalin kemitraan yang baik, untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu berkompetisi ditengah masyarakat Dumai khususnya, Riau umumnya dan nasional bahkan global,”jelas Edi Susanto.




         PKKMB UNIVERSITAS DUMAI



PKKMB
Universitas Dumai
Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) adalah merupakan Kegiatan pengenalan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan untuk peningkatan rasa persatuan dan kesatuan bangsa, cinta tanah air serta kegiatan kokurikuler maupun ekstrakurikuler untuk mempercepat adaptasi mahasiswa baru dengan lingkungan kampusnya.
Dokumen
Profil

Fakultas Ilmu Komputer
Fakultas Hukum
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Asas PKKMB
Asas pelaksanaan PKKMB 2023

Keterbukaan
Semua kegiatan penerimaan mahasiswa baru dilakukan secara terbuka, baik dalam hal pembiayaan, materi, substansi kegiatan, berbagai informasi waktu maupun tempat penyelengaraan kegiatan.

Demokratis
Semua kegiatan dilakukan dengan berdasarkan kesetaraan semua pihak, dengan menghormati hak dan kewajiban masing-masing pihak yang terlibat dalam kegiatan penerimaan mahasiswa baru tersebut.

Humanis
Kegiatan penerimaan mahasiswa baru dilakukan berdasarkan kemanusiaan yang adil dan beradab, dan prinsip persaudaraan serta anti kekerasan.

Tujuan Umum PKKMB
Memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus dan sistem pendidikan di perguruan tinggi.

Tujuan Khusus PKKMB

1.Menanamkan kesadaran berbangsa, bernegara, bela negara

2.Memperkenalkan hak dan kewajiban sebagai mahasiswa

3.Memperkenalkan sistem pembelajaran dan kehidupan sivitas akademika

4.Mewujudkan kampus yang ramah (inklusif), aman dan sehat;

5Memperkenalkan kiat sukses belajar dan mengembangkan diri

6.Merancang hari esok generasi unggul yang mandiri dan bertanggung jawab;

7.Mewujudkan mahasiswa menjadi pembelajar yang lincah dan tangguh
Dokumen PKKMB
Dokumen Panduan PKKMB Universitas Dumai




PENERIMAAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS DUMAI


penerimaan Mahasiswa Baru Kelas Khusus (Karyawan) Semester Genap TA. 2023-2024
Informasi Umum Rincian Biaya Pendaftaran
INFORMASI UMUM
Pilihan Program Studi sebagai berikut :
Program Studi S1 Manajemen
Program Studi S1 Hukum
Program Studi S1 Sistem Informasi

Pendaftaran :
Pendaftaran : Tanggal 27 November 2023 s/d 08 Februari 2024

Test Masuk : 09 Februari 2024

Pengumuman : 12 Februari 2024


Syarat Pendaftaran
Lulusan SMA/SMK/MA/Sederajat
Mengisi Formulir Pendaftaran
Photocopy Ijazah = 1 Lembar (Legalisir)
Photocopy Transkip Nilai = 1 Lembar (Legalisir)
Pas Photo 3x4 = 1 Lembar
Photocopy KTP = 1 Lembar
Photocopy KK = 1 Lembar
Catatan : dibawa pada saat registrasi ulang


Biaya Pendaftaran : Rp. 300.000
Biaya Pendaftaran dapat dibayarkan pada :

Bank : Bank Syariah Indonesia (BSI)
Nama : Yayasan Pendidikan Makmur Ridar Dumai
No.Rekening : 700 902 709 7

Pelaksanaan Perkuliahan
Offline dan Online (Jumat, Sabtu & Minggu)


Alamat Kampus:
Jalan Utama Karya Bukit Batrem, Kota Dumai, Provinsi Riau



Kontak Person:
Deasy (HP/WA: 0823 9034 6662)
Radha (HP/WA: 0813 7804 2442)



SEMINAR



Universitas Dumai Gelar Training Motivasi Bersama Narasumber Delyuzar Syamsi, SE., MBA
Posted by
NEWS ADMIN
 
Categories
UMUM 
Date
31/12/2023
Dumai (30/12). Universitas Dumai menggelar training motivasi yang bertajuk “One for All, All for One.” Acara ini diselenggarakan di auditorium kampus pada tanggal 30 Desember 2023, dan dihadiri oleh seluruh karyawan dan dosen, termasuk Rektor Dr. Muhardi, S.Kom, M.Kom, Wakil Rektor II H. Mardayulis, SE, M.Si, serta Ketua Yayasan Universitas Dumai Edi Susanto, SE, MM.Akt.

Training motivasi ini diarahkan untuk memberikan inspirasi dan semangat kepada karyawan dan dosen universitas, dengan fokus pada kekompakan dan kerjasama dalam upaya bersama memajukan Universitas Dumai. Tema “One for All, All for One” dipilih sebagai pendorong semangat kolaborasi dan solidaritas di antara seluruh anggota universitas.

Salah satu keunggulan acara ini adalah kehadiran narasumber terkemuka, yaitu Delyuzar Syamsi, SE., MBA. Delyuzar Syamsi, yang memiliki pengalaman luas dalam bidang manajemen dan motivasi, memberikan wawasan dan kiat-kiat sukses kepada peserta. Beliau berbagi pengalaman hidupnya yang penuh tantangan dan bagaimana semangat “One for All, All for One” dapat menjadi landasan kuat dalam menjaga kekompakan dan bersama-sama mencapai tujuan bersama.


Rektor Universitas Dumai, dalam sambutannya, menekankan pentingnya memelihara kebersamaan dan kerjasama di antara karyawan dan dosen. “Kekompakan kita akan menjadi daya dorong utama dalam menghadapi tantangan dan meraih prestasi gemilang. Melalui semangat ‘One for All, All for One,’ kita 

kan bersama-sama memajukan Universitas Dumai menuju tingkat keunggulan yang lebih tinggi,” ujar Rektor.

Wakil Rektor II menegaskan bahwa kebersamaan dan kolaborasi adalah kunci keberhasilan dalam mencapai visi dan misi universitas. “Dengan memahami bahwa kita satu tim, kita dapat mengatasi berbagai rintangan dan mencapai prestasi luar biasa. Mari kita bersama-sama menjaga semangat ini agar terus berkobar di setiap langkah kita,” ungkapnya.

Universitas Dumai terus berkomitmen untuk memotivasi dan memajukan seluruh anggota kampusnya, dengan keyakinan bahwa kebersamaan dan semangat kolaboratif akan menjadi pilar utama dalam meraih kesuksesan bersama. Training motivasi dengan tema “One for All, All for One” ini menjadi upaya nyata dalam memperkuat solidaritas dan kekompakan di lingkungan Universitas Dumai. (FT)



EKONOMI  DAN BISNIS


Apa itu manajemen ekonomi bisnis?
Ekonomi & Bisnis

Jurusan Manajemen Bisnis merupakan bidang studi yang melibatkan 2 area yang luas untuk keperluan perekrutan, pelatihan dan koordinasi serta menjadi manajer untuk pengambilan keputusan yang efektif demi mengatur dan mencapai tujuan bisnis dengan mendalami ilmu dan skill pengelolaan bisnis.


 Apa itu jurusan Bisnis Manajemen?

Ilmu Manajemen bisa dikatakan sebagai ilmu paling tua di dunia. Kenapa? Karena sejak manusia mulai hidup berkelompok, mereka telah memulai manajemen, yaitu merencanakan, mengatur dan mengelola semua proses untuk mencapai tujuan. Hal ini termasuk membagi peran dan tanggung jawab, misalnya wanita memasak, pria berburu, dan lain-lain. Jurusan Bisnis Manajemen sendiri merupakan penggabungan ilmu manajemen dengan bisnis, yaitu kegiatan atau inisiatif untuk menghasilkan profit atau keuntungan. Jadi, manajemen bisnis adalah bagaimana proses perencanaan dan pengelolaan bisa membantu suksesnya kegiatan bisnis
 
Jadi memang tidak heran banyak yang berpikir jurusan bisnis dan manajemen adalah jurusan paling aman, pasti ilmu ini akan terpakai dan lebih gampang mencari kerja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ayam Teriyaki